Inline Skate Tipe Urban

Inline skate untuk di jalan perkotaan

Di kota kamu tidak ada skatepark untuk bermain sepatu roda, sehingga untuk bermain kamu harus turun ke jalan, di trotoar, melompati dan menaiki anak tangga. Aktifitas bersepatu roda seperti itu disebut urban inline skating dan free skating atau lebih sering disebut street skating.

Untuk bisa melakukan aktifitas seperti yang disebutkan di atas tadi kamu membutuhkan inline skate yang tangguh dan menggabungkan dua unsur sepatu roda agresif dan rekreasi, sepatu roda dengan gabungan keduanya itu adalah sepatu roda tipe urban

Sepatu roda tipe urban ini menggunakan frame yang pendek agar dapat bermanuver dengan lincah.

Untuk lebih jelasnya kita bahas satu-satu anatomi sepatu roda tipe urban ini.

Booth dan liner
Hampir 90% boot urban skates ini terbuat dari lapisan shell plastic keras yang sangat kuat, ini ditujukan untuk memberikan kekuatan lebih terhadap gesekan diaspal atau benturan ketika di jalan. Liner urban skate umumnya dipasangkan busa yang cukup tebal ini untuk memberikan rasa nyaman ketika meluncur sedikit jauh dan serta mampu meredam getaran kecil saat meluncur dipermukaan sedikit kasar seperti aspal

Frame
Frame urban skates harus kuat menahan beban ketika ada benturan atau lompatan. Frame urban skates yang bagus biasanya dibuat dari aluminium yang tebal, kokoh dan kaku. Frame urban skates ini juga dibuat sependek mungkin menyesuikan ukuran roda, ini ditujukan untuk memberikan kontrol yang lebih baik saat bermanuver dan kemudahan untuk berbelok.

Wheels
Roda atau wheels untuk urban skate umumnya menggunakan ukuran 80, namun belakangan beberapa merk inline skate terkemuka mulai menggunakan 84mm dan 90mm dengan alasan untuk memberikan kecepatan yang lebih baik, namun ini mengorbankan kelincahan. Kebanyakan para penggemar urban skates ini tetap memilih ukuran 80mm untuk efisiensi kelincahan dan 80mm juga dirasa sudah cukup nyaman dan cepat ketika digunakan untuk meluncur di jalan perkotaan yang cenderung kasar dan bergelombang.

Cuff dan closer system
Cuff adalah berupa sabuk yang memegang pergelangan kaki, terbuat dari plastic yang tebal dan kaku. cuff disatukan dengan boot berupa engesel pada mata kaki. Cuff yang memegang pergelangan dengan baik memberikan kontrol kaki yang lebih baik. Sistem pengencang cuff biasnya berupa buckle maupun double strap sehingga dapat mengencangkan dengan optimal.

Brake
Urban skate sering kali tidak disertakan rem pada penjualannya. Rem hanya berupa additional saja dan dijual terpisah karena urban skates tidak lagi membutuhkan sistem pengereman yang biasa terletak pada tumit.

Urban inline skating ini begitu populer dikalangan remaja perkotaan karena tidak membutuhkan lapangan khusus seperti skatepark, tidak ada aturan baku yang mengatur permainan inline skate ini sehingga jadi cabang olah raga bersepatu roda paling berkembang saat ini

BUTUH BANTUAN?